Tulisan ini saya buat untuk kamu para produser musik baik pemula, atau pro dengan budget terbatas. supaya gak salah pilih, pahami dulu kebutuhan teman-teman ya, baru setelah itu kita hitung sama-sama.

Computer / Macbook

Komputer adalah barang penting dimana semua aktifitas rekaman ada dalam benda ini, supaya tidak salah beli pahami dulu apakah anda suka bepergian atau lebih suka berlama-lama dalam studio? Kalau jawabannya suka travelling, maka macbook pro bisa jadi solusi, dengan bobot yang cukup ringan, benda ini saya sarankan beli dikisaran harga Rp.15.000.000-20.000.000. dan perhatikan untuk RAM setidaknya 16Gb , processor i7 3,1Ghz, dan memory setidaknya SSD 300-500Gb.

Dengan budget yang sama, teman-teman juga bisa merakit komputer atau PC dengan spek yang sama atau bahkan lebih tinggi.

Audio Interface

Alat ini adalah perangkat yang menjadi portal yang menghantarkan/ mengkonversi sumber suara menuju ke komputer. saat ini AI yang yang menjadi standard adalah model USB 2 channel, dengan fitur phantom power 48V. ada beberapa merk yang umum digunakan seperti focusrite, presonus, tascam, mackie, zoom, steinberg, behringer, bahkan ada AI keluaran terbaru seperti Arteria. silahkan cek fitur lengkapnya di marketplace atau tonton reviewnya di youtube.

Budget standar untuk audio interface Rp.2.500.000.-3.000.000.

Headphone

Sebagai fungsi monitor, headphone sudah sangat cukup, ingat! pilih yang speaker flat, untuk monitor recording. selain ringan, headphone ini bakal berguna untuk mengecek hasil final mix/master. biasanya headphone yang diatas Rp.500.000. sudah cukup baik, saya sendiri pernah pakai keluaran ISK, Behringer & yang sedang saya pakai Samson CR.

Microphone

Begitu kamu punya microphone, dan ketiga teman diatasnya, kamu resmi punya STUDIO kit, yeay! Ada dua tipe microphone yaitu dynamic & condenser, pelajari mengenai keduanya terlebih dahulu. saran saya, jika punya 1 mic condenser, sudah cukup untuk mulai rekaman. perhatikan specsnya, high SPL >135 Db, medium-large diaphragm,low self noise, sensitivity, gain. Budget standar di kisaran RP.1.500.000.-2.500.000. dan carilah yang sudah inclue kabel, karena ini bisa menghemat budget kamu. (upgrade kabel bisa menyusul yah)

DAW

Digital audio workstation, adalah software rekaman yang digunakan, ada beberapa brand yang perlu teman-teman cek, 5 nama ini yaitu logic pro, pro tools, cubase, ableton dan studio one. semua memiliki fungsi yang sama, dengan berbagai keunggulannya masing-masing. tidak usah minder jika cuma bisa mengoperasikan salah satunya, karena yang penting MULAI DULU.

Pada DAW biasanya sudah terdapat soundbank bawaan (stock) VST, dan plugins pendukung seperti Compressor, EQ, Limiter dll.

Budget untuk DAW Rp.3.300.000/

MIDI controller

Untuk memudahkan kamu “menggambar” notasi di DAW, kamu butuh midi controller, bisa berupa keyboard piano 2 oktaf atau pad yang biasanya digunakan oleh para producer music electronic/ hip-hop. budget relatif murah sekitar Rp. 1.500.000.

Speaker Monitor

Kadang telinga kita ada juga lelahnya pakai headphone, jadi speaker monitor bisa jadi opsi untuk memutar hasil rekaman. biasanya yang dipakai standar flat speaker 5 inch. Ada beberapa brand pemain utama, YAMAHA HS 5, KRK rockit, ALESIS, ESI near, M Audio, Behringer, Kurzweill. silahkan sesuaikan budget! ada juga produk menggiurkan seperti DS 5, dan UM audio buatan indonesia yang harganya dibawah Rp.2.000.000.

ComputerRp.20.000.000.
Audio InterfaceRp.3.000.000.
Headphone Rp.500.000.
MicrophoneRp.2.000.000.
DAWRp.3.300.000.
Midi ControllerRp.1.500.000.
Speaker MonitorRp. 2.000.000.
totalRp 32.300.000

Ini biaya basic, atau paling minimum. karena masih banyak lagi aspek-aspek yang belum saya tulis. Jika teman-teman ingin berkonsultasi, atau ingin dibantu jasa desain studio, silahkan hubungi contact@chakamusic.com

Penulis: Chaka Priambudi