Pada artikel ini saya akan membahas sebuah tips yang penting bagi semua musisi, baik untuk pemula maupun profesional yaitu cara membaca chord symbol.

Saya akan mengambil contoh dengan chord C, jika tertulis polos seperti C berarti jenis chord tersebut major

C berarti jenis chord major

C- berarti jenis chord minor

C o berarti jenis chord diminished

C+ berarti jenis chord augmented

Bagaimana dengan four-note chords?

C maj 7 =. C major dengan not tambahan interval major 7 dari C

C min 7 / C-7 = C minor 7, artinya chord C minor dengan tambahan not Bb (interval minor 7th) dari not C

C7 = C dominant 7 artinya chord C major dengan tambahan not Bb (berinterval minor 7th ) susunannya, C-E-G-Bb. not Bb ini yang menghasilkan karakter dominant karena menciptakan interval tritone dengan nada E, bunyi dominant ini selanjutkan akan dijelaskan pada function harmony <—-akan dijelaskan nanti ya ( makanya subscribe channelnya dulu ya hehe 🙂

C dim7 berarti chord full diminished, C-Eb-Gb-Bbb (A) <—-nanti ya dijelaskan kok gak tudepoin aja sih A gitu…nanti ya

C7#5/ C7+ artinya chord augmented dengan tambahan not Bb ….C-E-G#-Bb-C

Trus kalau ada 9,11,13 itu apa sih?

Compound interval, artinya chord yang ada tambahan not diatas 1 oktaf dari roots / bass note. dan 9, 11, 13 sebagai option notes, artinya not-not yang bisa jadi pilihan tambahan color untuk jenis chord yang sedang dibunyikan.

Sebagai contoh Cmaj9 : C – E – G – B -C1 (udah satu oktaf kan?) nah kita tambahkan not D yang mana adalah interval 9 dari C (root) jadi susunannya C – E – G – B -D

hal ini berlaku juga untuk untuk interval 11 yang mana kalau C sebagai root, berarti interval 11 adalah F, namun ada sedikit pengecualian untuk interval 11 pada chord major, karena F menciptakan interval tritone dengan B, maka biasanya F dinaikan setengah menjadi #11 <—-pasti bingung kan? nah ada istilah juga Consonant & Dissonant, tapi kita belajar ini nanti ya, nanti.

Namun pada jenis chord dominant, interval 11 bisa tetap digunakan sebagai subtistusi dari interval 3rd atau sebagai fungsi suspended sebelum resolve ke interval 3rd/10. hal ini menghasilkan bunyi chord sus dan sering digunakan sebagai pengganti chord dominant 7 pada musik pop karena karakternya yang lebih lembut namun tetap berfungsi baik mengantarkan ke Tonic.

Pada interval 13 sebagai penutup, interval ini sering digunakan untuk chord major maupun dominant. dia akan ditulis C maj 13 untuk jenis chord major atau C13 untuk jenis chord dominant.

C-E-G-B-A

keunikannya chord 13 adalah karena dia berada paling ujung, maka interval 9 dan 11 bisa diikutsertakan dalam rangkaian chord.

Cmaj13 =. C-E-G-B-D (9)-F# (#11) -A (13).

C13 = C – E – G – Bb – D – F# – A

C13sus = C – G – Bb – D – F(subtitusi interval 3rd) – A

Lalu bagaimana dengan Slash Chord?

  • INVERSION

Dalam bentuk paling sederhana kita mengenal inversion disinilah slash chord dimulai, hal ini terjadi pada bass note yang masih dalam bagian chord.

Root position

C – E – G – C

inversi 1 bisa ditulis juga dengan C/E

E (bass) – C-G-C

inversi 2

G (bass) C – E – C1. biasa ditulis juga dengan C/G

  • REPLACE THE BASS NOTE

Jika bass note bukan bagian dari chord, misalnya D/C artinya chord D namun bassnya yang semula D diganti dengan not C

Altered Tones

  • #9 dan b5 tidak terlalu perlu dituliskan, misalnya Ab7#9 yang mana adalah not B natural, jadi lebih mudah dituliskan Ab7alt
  • #5 jarang dipakai, karena orang cenderung memakai b13 sebagai gantinya
  • b9 tidak digunakan pada chord minor
  • natural 9 tidak digunakan pada chord altered
  • altered chord artinya interval 5 dan 9 bisa naik atau turun setengah, digunakan pada chord dominant.
  • penggunaan altered chords harus menyesuaikan dengan melodinya.

Polychords

Pada musik improvisasi musik jazz, istilah polychords biasanya lebih umum dikenali karena adanya fitur chord yang menumpuk . misalnya Cmaj9#11 C-E-G-B-D-F# pada tiga not teratas adalah triad B minor, sementara bawahnya chord C major.

NO 7 Chords

C6 = C minor triad dengan additional not 6, biasanya disusun tanpa interval 7 (lihat contoh)

C6/9 sering dipakai pada musik jazz, untuk voicing jarang pula menggunakan 5 contoh; C-E-A-D , interval 5 biasa dimainkan oleh bass player.

Cmin6, C minor triad dengan additional interval 6, chord ini sering diasosiasikan dengan half diminished chord karena kemiripan isiannya, hanya bedanya jika interval 6 dijadikan bass note.

Referensi lainnya:

JAZZOLOGY Robert Rawlins