Cuk adalah alat musik menyerupai gitar kecil yang memilik 3 utas dawai nylon. Cuk juga salah satu dari 3 alat musik utama pada ensemble keroncong yaitu Cak, Cuk, Celo.

kayak apa sih tampangnya?

👉 langsuung ajaaa Cuuuuuk!!

Gimana sih cara mainin Cuk?

• Cuk dimainkan dengan dengan cara dipetik.

• Tuning yang digunakan juga hampir sama dengan gitar senar 1,2,dan 3. hanya saja pada cuk senar 3 (G) distem 1 oktaf lebih tinggi.

• Cuk memiliki beberapa pola irama dasar yang jatuh pada down beat dan interlocking dengan alat musik Cak (apalagi ini?) 🫢 #ups #bablas

• Karena cuma ada 3 senar, Cuk hanya memainkan akor-akor dasar baik mayor/minor saja. tapi tidak menutup kemungkinan juga kan buat mainin musik jazz yang banyak option notes.

Cuk Sama gak sih dengan ukulele?

• Beda Cuk! meski sekilas nampak sama, tapi secara bahannpada body kita bisa lihat perbedaan jelas. klo Cuk bahannya dari sebongkah kayu mahogani utuh (solid wood) yang dikerok bagian dalamnya hingga terdapat ruang resonansi. hal ini diyakini bisa menghasilkan tone yang lebih nyaring. sementara ukulele biasanya berbahan triplek / laminated wood, meski ada juga sih yang kualitas premium menggunakan kayu solid mtapi teknik pembuatannya tetap beda, yaitu pada bagian ditekuk dan dilem untuk sambungan beberapa bilah triplek.

• Senar yang digunakan cuk meski bisa pakai senar gitar nylon, namun beberapa pemain musik tradisional bereksperimen pakai senar raket tenis karena memiliki tension yang lebih tinggi atau mungkin karena bisa menciptakan efek perkusif ketika strumming.

• Cuk menggunakan Adjustable bridge alias bisa digeser untuk tuning fret 12 dan open string dan bisa copot dari body ketika tidak dipasang senar. fitur ini mirip seperti gitar hollow body, sementara ukulele pakai bridge yang ditempel atau ditanam seperti gitar klasik pada umumnya.

Belinya dimana?

Saat ini banyak kok di marketplace, harga bervariasi mulai dari IDR 600K-800K bahkan jutaan. tergantung bahan, dan fitur tambahan seperti pickup/ piezo transducer, sehingga kamu bisa langsung plug n play ke amplifier.

Bisa juga pesan langsung ke pengrajin skala industri rumah tangga yang biasanya banyak di daerah jawa tengah. ada IGnya kok! cek aja

Mungkin karena alat ini belum termasuk kategori alat konvensional, jadinya belum ada pabrikan brand besar yang menggarap ini seperti layaknya gitar fender stratocaster. 🥹

kalau kamu percaya konten ini bermanfaat silahkan

✅follow @lantunorchestra

✅ like, share dan save buat nanti 😎