Hi guys, saya cuma mau sharing (ehem agak casual ya) buat kamu musisi yang juga gamers pastinya ga asing lagi sama benda yang satu ini. kabar baiknya, keyboard ini juga bisa jadi cuan, tidak sekedar “mainan”.

Saya pertama tahu fungsi keren benda ini dari kawan saya masdon, waktu kami manggung bersama di LANTUN ORCHESTRA pada javajazz 2015 silam. Waktu itu dia colok ini pakai kabel USB sebagai trigger sound di ROLAND RD.

Tahun 2021 saya beli benda ini dengan harga yang MURAH banget, Saya percaya adanya keberuntungan, karena sewaktu temukan ini dari seller di tokped penjualnya seperti orang tidak butuh duit. Tapi terlalu murah kadang bikin kita curiga, Saking curiga, saya cek dulu speknya, sebelumnya saya sempat ulik juga di gugel, ternyata benda ini ada koneksi MIDI-nya. jadi yang perlu saya lakukan adalah mencari converternya ke bentuk USB 2.0 sehingga bisa connect ke macbook pro 2015.

Harga converternya gw cek juga murah loh guys, cuma 45K. anggap sama ongkir jadi 50K deh ya

pas tulisan ini saya ketik, saya juga baru tahu kalau harga aslinya,sekitar 1,25jt ada juga yang 1,5 jt bahkan sampai 2,1 Jt. silahkan cek link dibawah ini

Yang paling saya suka dari keys RB III ini:

  1. Ringan
  2. Tutsnya besar seperti keyboard profesional
  3. Pakai batre AA 4 butir, jadi tidak perlu adaptor
  4. Ada fitur tranpose octave
  5. Ada fitur pitch modulation
  6. Desain keren seperti layaknya keytar profesional
  7. Velocity
  8. Manfaat secara umum sama seperti MIDI controller

Sorry agak berantakan guys, kira-kira gini studio darurat yang saya bawa dari Jakarta ke Bali nih. jadi tepatnya selama seminggu ini pakai keys ROCKBAND 3 ini buat bikin aransemen musik . Buat saya ini sudah merupakan kemewahan! Alhamdulillah banget bisa ajak anak dan istri liburan tapi bisa sambil kerja. Salam produktif!