Beberapa hari yang lalu saya dihubungi untuk merekam personil karyawan kantor PT pupuk Indonesia untuk lagu “go tell it on the mountain / Hai siarkan di gunung”. lagu ini digunakan untuk keperluan konten social media, nantinya audio lagu ini akan di-sync dengan video klip.

Tadinya mau rekaman di studio coworking cikini, namun mereka mau jam 18.00 wib mulai, saya bilang ga bisa karena coworking space tutup jam tersebut kemudian saya tawarkan saja “bagaimana kalo rekamannya di kantor anda saja? kan lebih mudah buat temen2 kantor untuk ngumpul, kami tinggal datang bawa peralatan rekaman. Dan mas Darwin PIC yang kontak kami pun setuju.

Ternyata sesampainya saya di kantor, mereka punya studio latihan band dengan alat yang cukup lengkap dan bagus. saya tetap pakai mic, soundcard dan macbook andalan saya.

Konon yang mau rekaman 4 orang saja dan direkam sekaligus, namun ternyata orangnya banyak dan ingin suaranya diedit biar bagus. saya bilang, “kalau mau diedit biar enak, rekamnya 1-1 ya, jadi kalau ada yang salah/fals bisa saya perbaiki”

Akhirnya temen2 PT pupuk indonesia rekaman 1-1 dalam kurun waktu 2 jam saja, karena pada dasarnya mereka bisa nyanyi semua. saya bantu arahkan untuk pengambilan suaranya supaya tidak banyak mengulang, rata2 1-3x take selesai. Oh ya, yang rekaman sekitar 10 orang bergantian.

Setelah selesai rekaman, saya bawa sejumlah PR untuk mixing dan mastering. tapi ini terhitung mudah karena cuma durasi 2 menit dan tidak perlu efek2 yang macem2 yang penting balance antara pecahan suara 1,2,3.

Keesokan harinya sekitar jam 11.00 WIB saya kirim audionya via WhatsApp dan Google drive, ada revisi sedikit mengenai ending yang minta fade out dan trim sedikit setelah reff terakhir, saya kirim setelah sholat jum’at 😄👌 aman

Jasa recording dapat menghubungi via WhatsApp 0858-8183-2305