Tadi siang saya menerima telpon untuk pembuatan jingle, seperti biasa ada beberapa hal yang saya tanya ke calon klien:

  • Jenis produknya
  • Merk / Brand
  • Slogan
  • Placement
  • Target audience
  • Durasi
  • Budget

Saya rasa beberapa hal diatas penting untuk diketahui bersama maksudnya:

  1. Jenis Produk, Misalnya anda menjual produk makanan, tentu saja jingle yang akan dinyanyikan harus menjelaskan bentuk produk tersebut sehingga ketika orang mendengar langsung mudah mevisualisasikan, liriknya mudah dilafalkan dan mudah diingat melodinya.
  2. Merk, tanpa merk tentunya produk anda tidak ada pembeda. sebagai contoh produk anda Nasi bebek, bayangkan ada berapa ribu warung nasi bebek di jakarta. misalnya anda memilih merk dagang seperti Nasi Bebek Slamet mohon diperiksa kembali apakah tidak menduplikasi merk yang sudah established lebih dulu sebelum anda? karena bisa jadi sudah dipatenkan lebih dulu.
  3. Slogan, kalimat penting untuk diulang-ulang, kita ingin calon pembeli mengerti manfaat barang dan harus berupa kalimat yang semenarik mungkin. untuk ini anda bisa diskusi dengan pakar copywriting supaya tidak salah, setelah itu baru diskusikan pada jingle composer yang anda kehendaki untuk mengeksekusi pembuatan jingle.
  4. Placement, tempat dimana jingle ini diputar, jika anda pengelola supermarket, biasanya jingle diputar di speaker yang ada di store, ditampilkan di TV, radio, semua itu adalah placement. misalnya anda punya bisnis tahu bulat, berarti akan diputar lewat speaker mobil, atau misalnya seperti gerobak untuk produk es krim dan roti.
  5. Target audinece juga penting, karena mempengaruhi mood seperti apa musiknya, genre, dan penggunaan lirik yang tepat untuk mudah dipahami artinya.
  6. Durasi, sedikit kembali ke poin nomor 4 ya, jika untuk medsos ada beberapa format contohnya 15 detik (IG story/ tiktok) 60 detik untuk feed.
  7. Budget, untuk produksi maksimal 60 menit biaya bervariasi mulai dari Rp.5.000.000. sampai dengan Rp. 25.000.000./ song. budget lebih tinggi? tentu saja ada.

Jika anda punya pertanyaan, silahkan hubungi kami via whatsapp 0858-8183-2305 atau contact kami