1. Inspirasi, Kalau kamu penulis lagu pasti butuh yang namanya inspirasi. tapi bagaimana kalau ternyata kehidupan kita sehari-hari kurang inspiratif? itu masalah besar. tidak ada hal yang menarik, buat apa ditulis? pasti tidak akan ada dampak yang besar pula, biasanya yang saya lakukan adalah pergi ke tempat-tempat baru, melihat-lihat hal unik, foto-foto, bikin vlog dan bertukar cerita dengan penduduk setempat dari situ saya menggali inspirasi untuk menulis lirik dan musik.
  2. Keuangan, menjadi penulis lagu butuh investasi besar baik waktu dan uang. investasi awal untuk beli instrumen, alat rekam, belum lagi post-production. sementara di awal karir hasil royalti belum tentu cukup untuk menggantikan investment tersebut dalam waktu yang cepat. di poin tertentu, akhirnya kita dihadapkan pada prioritas yaitu kebutuhan pokok, maka pekerjaan lain dengan gaji tetap bisa jadi sebuah solusi untuk menyelamatkan. awal 2021 saya mengambil pekerjaan sebagai manajer sebuah coworking space,
  3. Waktu, kadang profesi penulis lagu dihadapkan juga dengan terikat hal-hal non musikal, misalnya urusan rumah tangga, pekerjaan kantor, urus orang sakit dll. tips singkat dari saya biasanya berupa, bikin jadwal yang tetap dan didedikasikan khusus untuk kegiatan menulis lagu / membuat musik, sehingga kita sedikit terbebas dari banyaknya hal yang menyita perhatian kita. Kebetulan saya beruntung pernah ngobrol dengan bli Dewa Budjana, kita semua tahu kalau beliau adalah gitaris yang produktif membuat karya, namun memang ada kalanya tahun-tahun tertentu dia tidak membuat lagu, dan ketika ingin kembali membuat lagu, beliau memang jadwalkan khusus waktu tertentu yang bahkan bisa-bisa cuti dari GIGI.
  4. Kebosanan, Ini biasa terjadi pada penulis lagu yang sudah kehabisan ide, karena style lagu ciptaannya begitu begitu saja, tapi tidak usah khawatir sisi baiknya adalah kamu berarti sudah menemukan ciri khas, tinggal pengembangannya saja, dari segi teknologinya, mungkin harmoni atua beatnya, kalau memang merasa butuh supply ilmu yang baru bisa ditempuh dengan kursus musik atau berguru pada musisi lain. Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas musik yang baru supaya menambah wawasan dan mendapatkan insight dan peluang lainnya.
  5. Putus asa, solusi menghadapi perasaan ini yaitu jangan berdiam diri, terus berusaha selama masih hidup, selalu bersyukur di setiap kondisi, jangan dilawan perasaannya, semua perasaan tidak nyaman akan berlalu karena tidak ada yang abadi begitupun juga masalah, tidak akan selamanya ada kecuali kita mengakhirinya.

Semua tips diatas saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai penulis lagu dan hasil survey ke beberapa rekan musisi. semoga tips diatas bermanfaat bagi anda semua yang membaca.