Ini kali pertama saya menggunakan eMastered untuk keperluan mastering single, kebetulan saya baru selesai mixing sebuah single untuk Annya Phara.

DAW yang saya gunakan untuk mixing yaitu logic pro X dimana saya sisakan headroom -5db pada master, supaya eMastered bisa angkat limiternya maksimal tanpa harus “merobek” kualitas aslinya.

fiturnya eMastered cukup sederhana, pada laman depan kita cukup upload lagu kita yang sudah dimixing, kemudian tunggu AI menampilkan playback. kita bisa bandingkan track original dengan hasil eMastered I (default) bisa langsung terasa beda loudnessnya. saran saya tidak usah pakai Emastered II BETA karena belum sempurna , kemarin beberapa kali saya coba, ada bagian belakang yang menuju fade out belum halus cuttingnya, ada suara gludug seperti saat kaset yang distop di compo 🤣 (cuma anak generasi 90an yang ngerti).

Mastering options, untuk mastering intensity saya pilih di level high, karena saya ingin hasil maksimal dari hasil mixingan yang saya rasa sudah sesuai. hanya ingin “diperbesar” saja 😎

Compressor intensity saya pilih di normal, tadinya sempat tergiur pilih high tapi saya rasa over compressed juga tidak bagus, lagipula ini lagu ballad bukan EDM.

Untuk EQ intensity saya pilih normal juga, karena saya rasa EQ dari hasiln mixing sudah cukup natural, saya tidak mau makin berubah jauh.

Stereo width, saya pilih normal, karena saya ingjn suara vocal tepat in your face, kalau pilih wider selain suara instrumen menjauh, ternyata suara vocal juga jadi ikut berjarak. lagipula panning setiap instrumen sudah saya atur sebelumnya dan saya tidak butuh “ruangan” lebih besar untuk ensemble saya ini.

Volume, ada 4 level dari normal, louder,loud,extreme, saya pilih normal, sebelumnya saya pilih louder, ternyata menyebabkan sedikit distorsi pada vocal, mungkin terlalu maksa limiternya.

Equalization saya pilih normal juga. karena cukup pede dengan hasil mixingan sebelumnya.

di eMastered ada fitur reference track, gunanya untuk membandingkan mixingan kita dengan hasil mixingan yang jadi acuan dan biasanya yang digunakan adalah lagu-lagu hits dunia, kebetulan saya menggunakan referensi lagunya Taylor swift yang berjudul Cardigan.

Pada reference track juga ada pilihan advance, saya pilih yang custom, amount 50,lalu smoothing 100, bass saya biarkan 50 saja.

Kalau kita mau simpan konfigurasi yang menurut kita paling pas, bisa save di fitur preset, untuk keperluan mastering track selanjutnya.