Ada istilah musik yang sering muncul di kalangan musisi yaitu perfect pitch, biasanya jadi sebutan pada seseorang yang memiliki kemampuan unik yaitu bisa mengenali nada/pitch tanpa bantuan alat musik yang jadi rujukan.

biasanya kemampuan ini paling sering dimiliki oleh pemain piano dan biola, misalnya ketika mereka sedang mendengar musik dari CD/ platform streaming, maka mereka langsung bisa dengan akurat menyebutkan tiap nada yang dinyanyikan/dimainkan pada lagu tersebut tanpa mereka harus mencocokan dengan alat musik.

Kemampuan mengidentifikasi pitch seperti ini terjadi mereka “hafal” karakter tiap nada, dan ini biasanya sangat membantu ketika harus membuat transkripsi partitur dan mengulik lagu.

Untuk menjadi seseorang yang perfect pitch, ini bisa karena memang ada bakat, dan ada juga yang bisa karena sering latihan. misalnya kita menghafal 1 nada yang bisa kita nyanyikan secara tepat, kemudian kita bisa menyanyikan interval nada tersebut dengan nada lainnya.

Saya ingat dulu ada satu mata kuliah namanya ear training dimana semua student wajib lulus, karena ini menentukan kemampuan hearing seorang musisi, dan juga sensitifitas terhadap nada. awalnya dari mengenal interval, lama kelamaan chord dan kemampuan identifikasi apakah ada instrumen yang dissonant.

Namun menjadi perfect pitch tidak selamanya enak, misalkan mereka mendengar bunyi intrumen yang fals, seperti alat berdawai yang belum dituning, telinga mereka sangat sensitif sering pusing.

Ini bukan konten promosi, tapi aplikasi ini memang sangat membantu untuk proses tuning. karena cukup