Album ini dirilis 25 juni 2002, berarti sebentar lagi sudah berumur 20 tahun dong? busyet tua dah gue!!! perasaan gw masih 25 dan masa SMA kayaknya baru beberapa tahun lalu. tapi ternyata sudah selama itu. Entah kapan dan gimana caranya gw sampai punya kaset ini yang tersimpan rapi sampai sekarang, tapi sepertinya karena dulu sering ngikut bokap ke DUTA SUARA sabang , trus minta dibeliin, atau mungkin gw beli sendiri di ARION atau malahan beli di toko kaset depan resto CAHAYA TIMUR, maklum gw anak skitraw alias sekitar rawamangun jadi cuma maennya situ-situ aje.

Oke, buat temen-temen yang lulus SMA 2004, berarti kita seangkatan, ayo kita nostalagia sama-sama, mau nangis juga boleh, ketawain diri sendiri sepuasnya juga boleh, yang penting jangan marah hahhaa. sebagai generasi remaja 90an gak lengkap rasanya kalau gak nonton MTv setiap pulang sekolah, mantengin TV sampai akhirnya bisa nongol tuh video klipnya trus nyanyi-nyanyi. siapa yang enggak?? hayo ngaku.

Sepertinya sampul kaset ini membawa beberapa kenangan tersendiri. Jujur awalnya gw cuma tahu nama Adam levine sebagai lead vocal dari grup ini, sampai sekarang pun masih Adam levine (HAHAHAH). dan bayangin setelah hampir 20 tahun gw baru bener-bener tahu kalau lirik dan lagu-lagu di album ini memang terinspirasi dari kisah nyata hubungan AL dengan mantan pacarnya.

Cerita sedikit ya soal lagu-lagu di album ini. ternyata lagu yang jadi debut mereka adalah Harder to breathe disusul single kedua lagu This Love, lagu ini dulu jadi bahan kulikan bersama teman-teman jaman ngeband, SMA,pokoknya dulu kalau bisa mainin lagu ini mirip seperti versi rekaman di kaset, udah hebat banget, udah jago banget deh. apalagi gw main keyboard ye kan, bukan bass, jadilah intro lagu ini penting banget dicari sound pianonya. iya sih This Love,ini memang hits tapi setelah lihat youtube, lagu ini ternyata gak ada apa-apanya dibanding popularitasnya lagu She Will Beloved. Mungkin karena secara konsep video klipnya agak gak umum ya, pemuda suka sama Tante sexy gitu. Tapi jujur dari album SAJ gw paling suka lagu ini.

Ada juga satu lagu lagi yang gak ketinggalan populer, Sunday morning lagu ini juga ikonik banget lagi-lagi intro pianonya, kedengeran banget pakai upright piano trus chord Dm7-G7-Cmaj7 waktu itu jarang banget denger band pop di radio pakai voicing kayak gini. kalau anak jazz umum banget progresi II-V-I kayak gini. belum lagi bagian interludenya yang ikonik pakai Tutti, alias semua instrumen memainkan melody lines yang sama / satu suara.

Overall, album ini punya bahan lagu-lagu yang sama. beat drum yang groovy n solid, suara bass yang deep, piano & keys yang variatif soundnya, gitar yang crunchy dan yang paling menonjol karakter kuat vokal Adam Levine yang juga berperan sebagai songwriter. kalau gw chef, bisa dibilang mereka ini punya bahan baku yang pas buat bikin album legendaris era 2000an, sekali lagi selamat ya Maroon 5.

Label: Octone Records

Producer: Matt Wallace

ditulis oleh: Chaka Priambudi

Kalau teman-teman mau miliki koleksi kasetnya, silahkan hubungi chaka music store