Terlepas benar atau salah nyicil / kredit menurut kalian, faktanya yang terjadi adalah gak semua musisi punya privillege yang sama buat modal awal kerja, modal awal musisi ya alat musik dan skill. Memang ada bebrapa musisi yang dapat ‘lungsuran’ dari orang tuanya yng kebetlan musisi juga, ada juga yang boleh hasil menabung lalu akhirnya kebeli, ada juga yang urgent terpaksa harus nyicil (pasti adalah kondisi kayak gini)

Saya sih nggak nyaranin ya, temen-temen ngutang sama teman, karena musisi itu yang dijaga nama baiknya, rasa percaya dari sesama teman itu nilainya penting sekali. kadang-kadang untuk memiliki alat musik sebagai senjata kita cari uang, perlu nyicil dan misahin duit hasil kerja untuk lunasin kepemilikannya.

Kalau gak da alat musik, ya susah juga kan ngehasilin duit dari musik. alat itu nantinya bisa jadi aset juga buat temen-temen nih, bebas, bisa dipake ngegig atau 

Tips biar pengajuan kredit diapprove sama leasing

Yang perlu kamu lakukan:

Punya pekerjaan tetap, gimana caranya? ya bikin lamaran kerja pakai ijazah/setifikat yang kalian punya.laku lah, kalian kan bisa apply ngajar di sekolah musik, kampus, atau tempat kursus. Kalau bisa kamu melamar di sekolah musik yang ada badan hukumnya seperti CV / PT, kalian bisa ngumpulin slip gajinya tiap bulan sebagai lampiran persyaratan.

gw tahu kok musisi itu senang pegang uang cash, langsung berasa gitu abis kerjanya. tapi percayalah tips ini bakal berguna banget, tabungin duit kalian di rekening bank, boleh bank apa saja, apalagi buka rekening online sekarang ini mungkin banget loh, cukup setoran awal 50K aja.

Transaksi sehat, tidak pernah telat bayar cicilan. artinya kamu tidak pernah nunggak atau telat bayar. biasanya kreditur akan senang dengan nasabah yang tertib bayar dan cenderung memperbesar limit pinjaman.

Jangan sering-sering kosongin tabungan, minimal ada pemasukan tiap bulan dari siapapun yang transfer ke kamu. Saya juga selalu mencatat pengeluaran dan penghasilan SETIAP HARI karena belajar dari pengalaman orang-orang yang sudah sukses di bidang musik dan lainnya, mereka punya kebiasaan ini.

Kalau diundang gig, atau diajak gig baik di band atau orchestra biasakan pakai kontrak tertulis, lebih bagus lagi jika bermaterai, jadi itu sah secara hukum. kontrak ini bisa kamu lampirkan juga buat bukti kalian adalah profesional

kalau KPR lain lagi nih guys, tim analisnya bener2 perhatiin income source kamu, aset yg sudah kamu punya sebelumnya dan usaha kamu. maklum banget, gak main-main angkanya, dan mereka melakukan survey tu supaya kalian ga berhenti tengah jalan cicialnnya, kalo kredit macet.

Jadi tips aja nih buat temen-temen:

ILMU, belajar terus supaya skill yang sudah ada tambah matang dan menambah skill baru penunjang skill utama

KARYA percuma banyak ilmu kalau tidak diamalkan, bisa berkarya dalam bentuk apapun sehingga making money dan profit.

KAYA salah satu kebiasaan orang kaya adalah menabung, dan selalu menghitung pengeluaran dan pendapatan.