Dear parents,

Kapan waktu terbaik untuk belajar musik?

ada yang bilang sedini mungkin, sebelum masuk SD, umur 5 tahun. mohon maaf itu narasi lama yang biasanya hanya terjadi di pikiran orang tua yang termakan iklan susu. tidak seperti itu KAKAK! usia berapa saja boleh mulai kok, yang penting menurut saya adalah  begitu seorang seseorang/anak TERTARIK dengan musik, bisa sediakan WAKTU untuk belajar hal baru, bersedia komitmen untuk latihan dan mau dievaluasi, maka saat itulah mereka  sudah siap belajar. (berlaku juga sama. halnya dengan yang non musik)

fun fact:

banyak anak belajar musik disuruh orang tua, tidak sedikit yang dipaksa karena obsesi orang tuanya, akhirnya anak malah ‘kena’ mentalnya. maksudnya gimana? banyak ortu gak tau klo anaknya menyimpan dendam karena dipaksa hal yg dia belum siap untuk pelajari. bagaimanapun pelaku musik itu adalah anaknya, kalau menurut mereka tidak FUN, tidak MENARIK, apalagi MANFAATnya  tidak bisa langsung dirasakan si anak, maka buat apa melanjutkan? padahal bisa saja nantinya musik bukan sekedar hobi, bahkan bisa jadi profesinya.

Mengapa butuh waktu yang berbeda-beda? kadang kita lupa, anak jaman sekarang sudah terlalu banyak hal yang menyita perhatiannya. apalagi jumlah pelajaran sekolah yang terbilang tidak mudah. kadang begitu anak menginjak usia remaja dan mulai mersa bisa melawan orang tua, justru kegiatan seperti les musik  adalah hal pertama yang mereka tinggalkan tengah jalan. apalagi jaman sekarang gadget dan dunia online lebih menggiurkan, karena COMMUNITY yang kuat, FUN, juga lebih RELEVAN. 

Di sisi lain, saya juga sangat menyayangkan masih banyak talenta calon peserta didik yang ingin serius belajar musik malah tidak punya akses mengikuti les/kursus musik lantaran kekuatan ekonominya belum sampai untuk taraf belajar musik yang berbayar profesional bahkan kadang untuk membeli alat musik saja tidak bisa.

sebagai pengajar, saya sangat respek dengan ortu yang menjaga komunikasi yang baik dengan anak peserta didik. , lebih banyak MENDENGAR dan MENGERTI suara anak. malah ada baiknya ortu ikut belajar juga supaya memotivasi anak, karena anak jaman sekarang paling males kalo ortu cuma bisa nyuruh2 tapi gak bisa MENCONTOHKAN bagaimana menjadi murid yang baik.

Bagaimanapun musik itu separuh olah raga juga, jika tidak dilatih, otot tubuh kita akan lupa, hanya dengan latihan yang rutin dan benar tentunya akan membantu kita merekam MUSCLE MEMORY yang baik.

Pencapaian seorang peserta didik musik tidak sepenuhnya tanggung jawab guru/pengajar, bakat tiap orang berbeda, guru hanya merespon kelebihan dan meminimalisir kekurangan murid, ortu mendampingi, karena di masa depan tidak akan ada lagi ‘GURU’ yang ada hanya ‘SAHABAT’ tempat sharing ilmu. biarkan peserta didik merasa NYAMAN untuk bertanya dan mencari tahu hal menarik dari pelajaran MUSIK.

kesimpulannya adalah membangun KESADARAN untuk berlatih musik memang butuh proses, tapi MENGAJAK itu lebih mudah dibandingkan MENYURUH. 

CHAKA MUSIC STUDIO mengajak siapapun yang menyukai musik, untuk belajar, dan bertumbuh bersama di sebuah ekosistem musik yang supportif. hubungi 0858-8183-2305