Beberapa cara dasar untuk mixing musik

Balancing Volume

Ketika file sudah masuk, maka langkah pertama adalah membuat semua instrumen terdengar seimbang, proporsional dari segi volume. caranya kita bisa menaikan atau menurunkan fader pada mixing. sambil memonitor VU METER yang dipasang di master BUS.

EQ

Setelah selesai proses balancing, kita lanjut melakukan proses EQ, artinya mencari frekuensi yang kurang enak dan menguranginya. INGAT lebih baik mengurangi daripada menambahkan.

Compression

Setelah semua track berhasil “disisir” frekuensinya, kita akan memboost menggunakan compressor. INGAT fungsi compressor adalah meningkatkan gain kata-kata atau melodi yang terdengar lemah, dan menahan (limit) bunyi yang terdengar terlalu keras. sehingga seluruh kata-kata (jika vocal) akan terdengar rata, tidak peak.

Effect

Dua effect dasar yang harus diketahui adalah delay dan reverb. sekarang sudah ada sebuah plugins yang menggunakan fitur keduanya sekaligus seperti ECHOSPHERE CLA WAVES AUDIO.

Panning

Kita perlu menempatkan setiap instrument pada ‘ruang’ dengar. misalnya gitar disebelah kanan, piano di kiri, bass di tengah dll.

Diterbitkan oleh Chaka Music Production

Music Entertainment Website Since 2016 Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: