Tulisan ini saya buat untuk para orang tua yang ingin membelikan alat musik pada anaknya, baik sebagai hadiah ulang tahun ataupun modal untuk belajar musik. Juga sebagai pengingat bagi para musisi amatir dan profesional yang ingin membeli alat musik (lagi).

Kebutuhan

Pahami dahulu kebutuhan anda, idealnya mengacu pada hobi atau akan jadi profesi. kalau anda hobi musik,sebaiknya siapkan budget extra untuk beli alat musik baru/bekas dengan spek yang terbaik. tujuannya supaya anda tidak kecewa dan repot untuk bolak- balik reparasi.

Spesifikasi

Anda harus tahu detil alat musik yang anda beli baik itu merknya, tipenya, bahan bakunya, ukurannya, kualitasnya, kalau misalnya belum mengerti sebaiknya bertanya pada guru musik,musisi profesional atau semudah tonton tutorial influencer di youtube.

untuk melacak spesifikasi barang, anda cukup ketik di google tentang merk dan tipe biasanya akan langsung tersedia, atau di katalog barang.

Budget

Besarnya jumlah uang yang akan dibelanjakan untuk alat musik sebaiknya diatas harga barang pasaran terendah, sebab ada kemungkinan biaya-biaya tak terhitung seperti ongkir, biaya perbaikan, upgrade spare part yang bisa saja diperlukan.

contohnya jika anda membeli cello atau violin di toko alat musik, biasanya alat musik tersebut tidak bisa langsung dipakai begitu saja,sehingga dibutuhkan fitting ke luthier untuk menyetel ketinggian senar, bisa jadi perlu beli senar baru, ganti hardcase, dll. nah biaya ini yang kadang suka terlewatkan. jadi jangan berasumsi semua alat musik baru, bisa langsung dipakai.

Sementara di sisi lain, penjual alat musik bekas/ secondhand menyediakan jasa fitting sebagai salah satu layanannya. sehingga ketika customer membeli produk di toko mereka, customer sudah mendapatkan alat yang sudah siap pakai dan dijamin semua part dalam kondisi prima. misalnya gitar listrik dengan senar baru, potensio baru, bahkan ada yang sudah repaint dan disetel ketinggian senarnya.

Teman pembaca tentunya wajib untuk cari harga pasaran barang yang jadi incaran, Caranya bisa lihat-lihat produk serupa di marketplace.

Verified Seller

Hati-hati saat ini banyak barang palsu beredar di marketplace, jangan tergiur dengan harga murah. bisa saja barang tersebut reject pabrik (cacat) atau bahkan tiruan.

Service Center

Khusu pembeli alat musik baru, Pastikan service center tersedia dekat lokasi anda.

Penulis: Chaka Priambudi

Bagikan tulisan ini di social media, jika anda rasa bermanfaat.