Penting gak sih sertifikat musik?

Semoga anda ga terpancing pernyataan barusan.

Tapi klo terpancing juga gapapa, yuk sekalian kita belajar memahami penting dan tidak pentingnya sebuah sertifikat musik.

Pada dasarnya sertifikat itu menunjukan bahwa kita sudah menempuh sebuah proses belajar, dan juga sebagai lampiran bukti bahwa proses tersebut diakui sebuah lembaga atau institusi.

Perlu atau tidaknya sebaiknya tidak atas dasar kata HARUS atau MESTI, tapi coba kita tanyakan kepada diri sendiri, apakah kita MAU? saya rasa jawabannya akan ketemu dalam 3 detik. satu…dua…tiga…nah kata yang barusan ada di kepala anda barusan adalah jawaban paling jujur dan alami.

Kadang-kadang kita merasa PERLU dan HARUS karena ada pendapat ataupun anjuran dari orang yang kita segani dan hormati. padahal belum tentu anjuran tersebut sesuai dengan cita-cita awal kita.

Kalau anda bercita-cita menjadi guru, memang sebaiknya anda pernah menempuh pendidikan formal musik, caranya bisa dengan menempuh sekolah, kuliah, ujian sertifikasi dari lembaga atau program pelatihan swasta bersertifikat.

Sertifikat tersebut bisa kita kumpulkan sehingga menjadi sebuah portofolio, atau bisa dianggap sebagai bukti pengalaman yang bisa dibaca semua orang. meskipun pada prakteknya, tentu skill kita yang lebih banyak bicara dibandingkan kertas ijazah atau sertifikat. skill kita yang dinikmati manfaatnya dan punya nilai dibandingkan nilai yang tertera dalam sertifikat tersebut.

Anda tidak usah menyesal jika tidak bisa sekolah musik atau kuliah musik, jika memang dari awal tidak punya punya rencana menjadi edukator. namun jika ada waktu dan kesempatan tidak salah juga menempuh proses sekolah atau workshop karena bermanfaatnya ilmu memang tergantung niat kita MAU mengamalkan atau tidak.

Sertifikat juga mungkin berguna jika kita melamar pekerjaan di sekolah musik atau sekolah negeri yang mengadakan kelas ekstra kurikuler musik. atau bisa juga sebagai lampiran ketika pitching suatu project. Bagaimanapun dalam dunia kerja tidak semua orang tahu reputasi kita dan tidak semua orang kenal dengan pribadi kita. mungkin selembar sertifikat bisa jadi bahan pertimbangan pihak lain untuk mengenal dan akhirnya memutuskan menggunakan jasa kita.

Jadi kesimpulannya penting atau tidak? silahkan direnungkan 1,,,,,,2,,,,,,3

Chaka Music Studio

Jl. Cikini Raya No. 43-45 jakarta pusat

0858-8183-2305

Diterbitkan oleh Chaka Music Production

Music Entertainment Website Since 2016 Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: