Peran produser musik

Mungkin diantara kamu masih banyak yang bertanya-tanya apa saja peran produser musik, apalagi istilah tersebut akhir-akhir ini makin sering kita lihat dalam berbagai rilisan musik terbaru.

baca juga:

  • Arranger
  • Songwriter
  • Lyricist
  • Sound Engineer

Produser musik harus punya pengetahuan, keahlian dan pengalaman yang cukup untuk melihat kapasitas dan nilai jual seorang talent baik itu band/penyanyi solo.

Seorang produser musik juga harus bisa mencocokan style musik yang pas untuk tiap talent dalam sebuah proyek rekaman.

Persiapan repertoire / lagu yang akan direkam. Setelah sebuah lagu diaransi, produser musik akan membedah kebutuhan tiap lagu berdasarkan instrumentasi yang terdapat dalam aransemen, tentu saja hal ini berkaitan dengan jumlah musisi yang di-hire dan budget yang tersedia.

Pemilihan musisi pendukung biasanya menjadi tanggung jawab produser, misalnya pemilihan pianis, gitaris, drummer untuk rhythm section. Juga jika ada part untuk solois dan penambahan strings section, brass section, woodwind. biasanya produser musik punya list musisi favorit yang biasa diajak bekerjasama untuk rekaman maupun live performance.

Audisi backing vocal menjadi penting karena sesuai perannya, backing vocal harus bisa membuat talent/artis tampil lebih baik. bukan menutupinya

Pemilihan studio dan sound engineer yang tepat sangat berpengaruh dalam kelancaran proses rekaman. Menurut pengalaman saya, studio yang nyaman memberi inspirasi bagi siapa saja yang sedang berkreasi di dalamnya, juga peran sound engineer yang handal untuk mengatur bunyi-bunyian yang dihasilkan.

Recording session di ArtSound Studio

Produser musik bekerjasama dengan talent (musisi/artis) untuk menghasilkan kualitas terbaik dalam proses rekaman. Produser musik berhak mengarahkan musisi yang sedang direkam permainannya supaya menghasilkan bunyi terbaik, biasanya produser musik adalah seorang yang well trained sehingga mengerti teknis memainkan alat musik dan bernyanyi dengan baik.

Proses post-production, Produser bekerjasama dengan Sound engineer untuk mengawasi kualitas mixing dan mastering. Apalagi jika lagu yang sudah direkam butuh editing seperti pitch correction, atau reduksi noise yang cukup mengganggu, dalam hal ini Ketelitian dan kejelian seorang produser menjadi penting.

Chaka Priambudi

Musisi, Produser musik, Pencipta lagu, Arranger.

Founder of Lantun Orchestra

Diterbitkan oleh Chaka Music Production

Music Entertainment Website Since 2016 Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

<span>%d</span> blogger menyukai ini: