Apakah yang dimaksud dengan Electronic Press Kit?

EPK (Electronic Press Kit) secara mudah dapat dijelaskan sebagai tulisan yang mewakili dan merepresentasikan seorang artis, biasanya EPK dibutuhkan untuk setiap rilisan terbaru baik single maupun album musik.

Apa saja yang mesti disiapkan untuk membuat EPK?

MUSIC

Musik yang sudah direkam biasanya disebut dengan istilah (Sound Recording) , Nah musik yang dilampirkan dalam EPK biasanya hanya format lo-res seperti mp3 biasanya untuk preview saja .

PHOTO

Kalau kamu seorang artis pendatang baru, sebaiknya luangkan waktu untuk sesi foto profesional. Kadang memang memakan budget yang tidak sedikit, namun percayalah hasilnya akan sepadan dengan yang kamu dapatkan, atau jika kamu punya kenalan teman yang hobi fotografi kami bisa hire dia dengan harga yang “masuk akal” bahkan untuk musisi jaman sekarang photoshoot bisa dilakukan dengan menggunakan kamera smartphone yang canggih asalkan pencahayaan cukup terang seperti outdoor atau dimana saja yang punya view cukup bagus.

Format yang dibutuhkan biasanya JPG harus Hi-res dan mudah diakses dan download oleh siapa saja, Foto-foto terbaik bisa kamu taruh dalam satu folder G-drive/wetransfer lalu kamu share linknya. JANGAN kirim foto tersebut lewat whatsapp chat karena filenya akan terkompresi dan hasilnya tidak maksimal.

ARTWORK

Setiap rilisan terbaru biasanya butuh artwork untuk menandakan album/single. Artwork ini juga diperlukan untuk kebutuhan upload musik kamu di DSP (Digital Service Provider). Jika tidak punya Artwork kamu bisa hire jasa profesional yang membantu membuat brand image kamu lebih baik.

CREDITS

Yang dimaksud disini adalah keterangan nama-nama musisi pendukung yang terlibat dalam produksi musik yang kamu akan rilis. Bisa kamu sebutkan mulai dari Songwriter, Producer, Arranger, Musicians, Audio Engineer, Recording Studio dan jangan lupa tanggal produksinya.

BIO

Sebaiknya kamu menyiapkan Short Bio & Long Bio. Short bio biasanya digunakan untuk kebutuhan profil di social media, Long Bio biasanya akan jadi acuan informasi lengkap untuk mengenal kamu lebih dalam. Tuliskan hal yang benar-benar kamu kerjakan seperti pengalaman bermain di festival/concert/gig dan perlu diingat, tidak perlu terlalu banyak namun fokus pada yang penting saja untuk orang ketahui.

LINKS & CONTACT

Kalau kamu punya video klip ataupun Social media yang aktif seperti instagram kamu bisa cantumkan Link-nya saja dan contact person agar orang mudah menghubungimu. Kalau punya manajer lebih baik cantumkan nama & nomor telpon Music Manager kamu yang bisa dihubungi kapan saja dan pastikan manager kamu mempunyai semua data EPK ini.

Apa saja manfaatnya mempersiapkan EPK?

Bayangkan jika ada sebuah agency/EO ingin menggunakan jasa kamu sebagai artis penyanyi band profesional, mereka akan memerlukan BIO kamu untuk dipresentasikan pada klien mereka. Lebih baik mempersiapkan segalanya lebih awal, jadi ketika diperlukan kamu sudah siap kapan saja untuk mendapatkan kesempatan nge- GIG yang bisa menghasilkan lebih banyak UANG.

Jika kamu kesulitan membuat EPK, tim kami siap membantu. Silahkan hubungi nomor kontak dbawah ini

Contact

Diterbitkan oleh Chaka Music Production

Music Entertainment Website Since 2016 Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: