Yang mesti kamu tahu sebelum memilih jasa mixing dan mastering audio

Ini adalah panduan sederhana untuk kamu yang baru saja selesai rekaman single baik solo recording artist maupun band.

• pastikan kamu tahu persis genre musik yang kamu mainkan, sehingga kamu bisa berikan beberapa referensi pada sound engineer yang mengerjakan mixing lagu kamu.

• pastikan file audio dari tempat kamu merekam lagu baik studio maupun home recording dalam keadaan baik. maksudnya tidak ada noise, semua instrumen direkam dengan treatment yang benar. karena ini mengurangi biaya editing.

format audio. kirimkan file audio per-track instrumen dengan file WAV dengan sample rate 24/48 sudah. kalau kamu bingung, bisa minta tolong dari studio musik tempat kamu rekaman.

rough mix, biasanya engineer akan mengirimkan rough mix dalam bentuk mp3 sebagai gambaran hasil mixing yang mendekati final mix. supaya kamu ada bayangan bakal seperti apa nanti lagu kamu kedengarannya.

preview, jika sudah dapat hasil rough mix sebaiknya kamu dengarkan di beberapa device seperti earphone, headphone, speaker mobil, speaker music player seperti tape deck di rumah. jangan gunakan speaker hp ya, karena nggak bakal kedengeran seberapa balance terutama low frequency.

• Jika kamu sudah merasa hasil mixing sudah cukup enak didengar di berbagai device tersebut, dalam hal ini kamu bisa mendengar dengan jelas setiap instrumen yang kamu rekam dan terasa balance secara komposisi maka kamu bisa minta untuk file Hi-Res

• tidak ada hal yang sempurna, karena kalau kamu ingin revisi terus menerus hanya memakan waktu dan biaya. ingat saja tujuan kamu merilis musik.

Diterbitkan oleh Chaka Music Production

Music Entertainment Website Since 2016 Jakarta

One thought on “Yang mesti kamu tahu sebelum memilih jasa mixing dan mastering audio

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: