Tips Rekaman Vokal Untuk Pemula

Jika kamu adalah penyanyi dan masih pemula untuk dunia rekaman, semoga beberapa tips ini bisa jadi panduan dasar yang berguna. Beberapa hal ini biasanya terbilang cukup efektif memperlancar proses rekaman khususnya vokal.

Lakukan pemanasan vokal layaknya atlet olahraga, karena ini menjaga kelembapan pita suara dan juga supaya tidak membebani otot-otot yang digunakan ketika bernyanyi misalnya diafragma.

Coba nyanyikan satu lagu secara utuh dan direkam sekali jalan. tujuannya agar kita tahu dimana sweet spot dan juga beberapa bagian lagu yang berpotensi menjadi kesalahan fatal dan biasanya menyebabkan kita mengulang berkali-kali. selain itu hal ini memudahkan recording engineer melakukan marking bagan lagu.

ketika merekam vokal sebaiknya kita sudah mempelajari notasi yang tepat untuk setiap suku kata/lirik. DILARANG improvisasi sebelum melodi asli melekat dalam inner hearing kita. pastikan ketika rekaman kita sudah hafal.

Bawa catatan lirik & alat tulis. mengapa? karena jika kamu membawa handphone gelombang elektromagnetiknya bisa mengganggu arus sinyal microphone. alangkah baiknya sudah diketik dan diprint sebelum ke studio/ sesi rekaman dimulai. jika kamu membawa catatan, usahakan tidak membolak balik kertas ketika rekaman.

Sedikit ornamen akan membuat lagu menjadi bernapas, ornamen itu ibarat dekorasi ruangan. jika terlalu banyak malah jadi sampah yang mengotori aransemen musik. bukan tidak boleh, tapi gunakan ornamen di saat yang tepat.

usahakan menyanyikan lirik dengan lantang supaya mendapatkan gain yang sesuai. jangan sampai energinya terdengar belang, biasanya emosi penyanyi terdengar dari seberapa yakin dia mengucapkan lirik.

pahami dinamika, kemampuan penting mengenai keras dan lembutnya volume suara kamu.

perhatikan artikulasi, JANGAN MALAS buka mulut. Artikulasi yang tidak tepat sering membyat misheard lyric

Ingat pesan orang tua jaman dulu,kalau makan jangan bersuara seperti nyeplak di bibir dan lidah karena sampai saat ini belum ada aplikasi/plug ins yang bisa memperbaiki noise berlebihan yang seperti itu.

Kira-kira ini beberapa hal mendasar yang mesti disiapkan para penyanyi, jika kamu merasa bermanfaat silahkan share

Diterbitkan oleh Chaka Music Production

Music Entertainment Website Since 2016 Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: