Rahasia Cara Menyanyi dan Memainkan Musik Yang Enak Didengar

  1. Selalu lakukan pemanasan sebelum tampil
  2. Cek Nada Dasar
  3. Hafal Lirik & Aransemen
  4. Penyesuaian Tempo
  5. Rekam dan Evaluasi

Pemanasan

Apa sih yang dimaksud dengan pemanasan? bagi vokalis bisa melakukan vokalisi dengan cara humming, lip thrill, dll. gunanya mempersiapkan otot-otot diafragma dan pita suara supaya siap menyanyi. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi cedera seperti tercekik ketika menyanyi lagu yang bernada tinggi atau supaya tidak lelah ketika menyanyikan nada yang rendah.

Bagi pemain musik dawai bisa melakukan fingering untuk melemaskan jari. atau drummer bisa sticking diatas pad. selain mempersiapkan sendi dan otot motorik, pemanasan ini juga membuat mental kita sadar akan performa dan memacu adrenalin juga.

Cek Nada Dasar

Biasanya para penyanyi terlalu pasrah sama musisi tentang hal ini, sementara tidak semua musisi peduli tentang hal bahwa bisa saja sebuah lagu terlalu tinggi atau kerendahan bagi si penyanyi. Hal ini karena tiap penyanyi punya bentang nada alias vocal register dan juga oktaf nyaman masing-masing.

Cara bagaimana? coba nyanyikan dulu lagu asli dengan nada dasar seperti rekamannya. Jika ada beberapa not yang ketinggian atau kerendahan bisa diturunkan atau dinaikan nada dasarnya.

Hafal Lirik & Aransemen

Jika kita sudah hafal lirik, biasanya kita akan lebih nyaman dan pede untuk tampil. Bisa saja sih sambil buka tablet/ipad diatas panggung, tapi tidak semua acara kamu bisa begitu, bayangkan main di panggung besar outdoor kamu mesti hafal sama lagunya, jangan sampai penonton lebih hafal lagunya ketika nyanyi bareng trus kamu salah.Kebayang kan malunya?

Begitu juga dengan aransemen kita bagi beberapa hal penting untuk disimak nih:

  • Song Form (Bagan lagu)
  • Unison / Tutti
  • Cue
  • Chord / Harmony

Penyesuaian Tempo

Coba setiap kali ngulik lagu, kamu cari tempo aslinya seberapa cepat. ada aplikasi baik di ios/android yang bisa kamu pakai, caranya mudah cuma tinggal tap dan langsung keluar angkanya.

nah tempo ini yang jadi acuan awal, kamu bisa naikan temponya jika merasa terlalu lambat atau turunkan jika terlalu cepat.

Bayangkan kamu menyanyikan lirik lagu one note samba, jika terlalu cepat kamu pasti ‘keteteran’ pas di reff.

Rekam & Evaluasi

Biasakan untuk merekam suara dan permainan musikmu sendiri, kalau kamu punya mic dan home studio pasti bisa lebih detail untuk dengar hasilnya, tapi jika tidak punya kamu bisa manfaatkan aplikasi di handphone untuk sing along dan merekamnya. setelah itu dengarkan suaramu jangan lupa kritik diri sendiri secukupnya, apakah sudah benar mengenai pitch, tempo, artikulasi dll.

Jika kamu merasa kemampuan musikalitas kamu belum mumpuni, boleh tanyakan dan konsultasikan pada ahlinya misalnya guru musik atau pelatih vokal.

Sekian tulisan ini semoga bermanfaat

Diterbitkan oleh Chaka Music Production

Music Entertainment Website Since 2016 Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: