Background Music, Jingle & Film Scoring

JINGLE

Jingle adalah lagu pendek yang biasanya digunakan untuk keperluan iklan. Jingle umumnya dibuat dengan melodi yang sederhana, menggunakan interval yang jaraknya dekat supaya mudah dinyanyikan. tujuannya supaya para pendengar mudah mengingatnya dan sebaiknya menggunakan pemilihan kata-kata yang umum dilafalkan supaya tidak misheard lyric ketika telinga pendengar mengasosiasikannya.

BACKGROUND MUSIC

  • Elevator music
  • Furniture Music
  • Incidental Music
  • Video Game Music
  • Fitness Music

Elevator Music

Musik instrumental ataupun versi cover lagu populer yang biasa diputar di ruangan-ruangan tempat banyak orang berkumpul. Instrumentasinya dapat berupa komposisi untuk piano solo hingga strings orchestra.

Contoh yang paling sering kita jumpai adalah ketika di bioskop XXI, hampir di semua ruangan mulai dari area loket, ruang tunggu, hingga toilet. sebelum kita memasuki auditorium biasanya kita sering diperdengarkan lagu-lagu pop yang diputar dengan volume yang lembut. Hal ini menciptakan suasana yang menenangkan. Kadang musik/ lagu yang diputar hanya berupa versi cover instrumental.

Furniture Music

Musik seperti ini pertama kali dibuat oleh Erik Satie, metode yang digunakan adalah komposisi yang terdapat pengulangan (repetitive music).

Incidental Music

Musik yang mengiringi pementasan maupun di dalam film, Tujuannya adalah menciptakan suasana dramatis yang mendukung emosi dalam setiap adegan.

Video Game Music

Musik yang diciptakan untuk video game.

Fitness Music

Kalau anda ke tempat fitness biasanya diputar lagu-lagu yang upbeat untuk menemani berolah raga, umumnya electronic music dengan tempo dan irama yang memacu semangat kita berolah raga.

Film Score

Diegetic (Actual sound) artinya sumber bunyi ada on screen , contoh suara dialog manusia, suara langkah kaki, ketuk pintu. Diegetic sound dapat diartikan juga sebagai sumber suara yang didengar juga oleh tokoh/karakter dalam film.

Non-Diegetic artinya suara yang sumbernya tidak ditampilkan on screen, beberapa contoh diantaranya voice over, dan Sound effect.

Film Star Wars adalah contoh bagus dimana beberapa adegan di luar angkasa terdapat komposisi musik yang didominasi suara brass dan strings orchestra.

Kalau anda merasa tulisan ini bermanfaat, Anda dapat menyalurkan donasi melalui link dibawah ini

Dukungan anda sangat berarti

Diterbitkan oleh Chaka Music Production

Music Entertainment Website Since 2016 Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: