Saya bingung harus mulai dari mana untuk bernostalgia dengan majalah yang satu ini. MBS alias Music Book Selection adalah majalah yang terbit berisikan lirik-lirik lagu pop indonesia dan barat pada yang populer jaman 1990-2000an awal. Semua lagu yang video klipnya ada di TV biasanya bakal dibuatkan contekannya di majalah ini.

Dulu untuk les musik dengan baik dan benar masih terbilang mahal dan sedikit tempat les yang mudah dijangkau. Les musik dengan memanggil guru untuk kursus di rumah masih terbilang mewah saat itu, walhasil daripada tidak ada kegiatan apapun (karena males bimbel) lebih asyik kalau nongkrong sambil main gitar dan nyanyi bareng teman-teman di ujung gang atau pas jam istirahat sekolah.

Waktu masih SMP, saya selalu menabung untuk beli majalah ini, supaya tambah lancar main gitarnya dan selain itu saya tidak mau kalah jago dengan teman saya yang juga belajar gitar. Namanya juga anak SMP, kompetisi main gitar itu penting buat menarik perhatian para cewek-cewek. Sayangnya saya termasuk telat untuk berminat main gitar, sementara temen-teman yang lain sudah bisa hafal banyak lagu, saya masih ‘nyontek’ mengandalkan majalah ini.

Nah kebetulan saya punya banyak Guru ‘gratisan’ yaitu paman-paman yang bisa main gitar. MBS ini jadi referensi awal, tapi setelah dibandingkan ulikan chordnya saya akhirnya sadar kok ulikan paman saya lebih mirip ya sama lagu aslinya, ternyata saya baru tahu saat itu kalau chord-chord yang ada di malajah MBS sudah disederhanakan supaya memudahkan para pembacanya yang mungkin lebih banyak pemula.

Siapapun para kontributor majalah tersebut yang membaca tulisan ini, Saya mewakili anak-anak generasi 90an mengucapkan terima kasih. Masa remaja kami tidak lengkap tanpa malajah MBS dan mungkin beberapa musisi saat ini terselematkan masa depannya karena dibantun majalah MBS.