Pentingnya pengetahuan chord bagi para musisi

Penulis: Chaka Priambudi

Bagi musisi latihan musik itu bukan sekedar melatih gerakan jari untuk menekan tuts atau memetik gitar. Tapi kemampuan merasakan esensi harmoni juga penting, makanya banyak lahir beberapa metode pelajaran ear training .

Beberapa waktu yang lalu saya membahas function harmony bersama murid-murid saya di kelas, beberapa diantara mereka sudah biasa bermusik untuk komersil maupun pelayanan di gereja. Ternyata istilah ini baru bagi mereka, meskipun prinsip dasarnya mereka sudah mengerti dan terbiasa melakukannya.

Saya ambil beberapa contoh lagu pop dan saya beri contoh cara menganalisanya dengan sederhana. Memang cara belajar seperti ini sedikit putar otak dan ‘agak mikir’ namun hal ini perlu dilakukan supaya kita lebih aware alias sadar melakukannya.

Ketika mengulik lagu baru, beberapa diantara musisi sering mengalami kesulitan menghafal chord, tapi dengan melakukan analisa terlebih dahulu dan apalagi dengan mempelajari progresi chord tiap lagu tentunya akan menghemat banyak waktu dan tenaga. Kita bisa saja mengingat banyak hal, tapi ketika eksekusi bermusik tidak banyak yang bisa kita ingat didalam momen yang sempit itu, hanya beberapa hal basic dan fundamental saja yang bisa segera dilakukan.

Diterbitkan oleh Chaka Music Production

Music Entertainment Website Since 2016 Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: