Toko kaset dan CD Duta Suara

generasi 90an di jakarta pasti akrab banget dengan toko kaset yang satu ini yaitu Duta suara  yang berdiri sejak 1970. masih dengan logo yang sama dan slogan “your music library”.

meski sudah tidak lagi menjual kaset, toko ini masih bertahan menjual CD impor dan lokal rilisan baru.

Alasan saya kesini selain untuk bernostalgia, saya ingin lihat CD apa saja yang masih bertengger di jajaran atas display toko ini. beberapa nama seperti album trionya Indra lesmana juga albumnya Tohpati dan Dewa budjana yang terbaru (janapati) masih dipajang rapi disini.

Saya ngobrol sedikit dengan pegawai toko, tiba-tiba saja beliau nyeletuk “wah untung ada demajors (label lokal) yang masih banyak rilis fisik, label luar sudah mundur semua cetak fisik” yang saya tangkap disini adalah akibat maraknya rilisan digital.

Saya juga penikmat rilisan digital, dan kerap mendengar banyak lagu baru lewat berlangganan spotify dan apple music. Namun katalog platform digital itu juga memiliki keterbatasan, yakni koleksi album lama dan kolaborasi langka dari beberapa artis agak jarang dimuat. Dugaan saya sih mungkin masalah izin publisher ya jika si artis yang bersangkutan mau merilis sendiri albumnya, sementara record label yang pernah menaungi si artis sudah beralih perhatian promosinya ke artis yang baru dan sedang trend saat ini.

Fenomena anak artsy juga lucu nih guys, alih-alih mereka cari CD, malahan mereka cari versi vinyl alias piringan hitam. hmm menarik juga ya selera generasi millenial?

Segala kemajuan teknologi pasti ada konsekuensinya, dulu jaman CD, kaset jadi nggak laku, sekarang CD susah jualnya karena banyak toko yang tutup, record label berhenti rilis album fisik dan beralih ke digital namun akhirnya distributor yang paling konsisten bertahan dan beradaptasi dengan jaman bisa kita sebut legend dan toko Duta suara ini salah satunya.

Diterbitkan oleh Chaka Music Production

Music Entertainment Website Since 2016 Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: