Jazzkini Vol.12 Eksplorasi Slide Gitar Stanly Bactian

Jazzkini vol.12 mempersembahkan sajian musik dari seorang gitaris bernama Stanly Bactian. Stanly menyebut gaya permainan gitarnya dengan istilah Slide guitar . Teknik ini menggunakan sebuah selongsong tabung kecil yang disematkan dijarinya, kemudian tangan kirinya mengarungi permukaan fretboard melayang tidak seperti memainkan gitar pada umumnya.

Mengenai suara yang dihasilkan, Stanly menyebutkan juga istilah melisma, yaitu sebuah teknik menyanyikan satu suku kata dalam beberapa nada. Biasanya teknik melisma ini digunakan dalam musik R&B sebagai ornamen. Pendekatan semacam ini tentu saja unik bagi seorang gitaris apalagi dalam musik jazz yang kaya improvisasi.

Stanly tampil bertiga (trio) memainkan sebuah lagu jazz standards berjudul on the sunny side of the street dan dua lagu orisinil ciptaannya sendiri. Beberapa licks dan solo improvisasi terasa unsur bunyi RAGA india menyatu dalam komposisi musiknya. Mengenai musisi yang menjadi influence pada awal karirnya sebagai gitaris, Stanly mengaku banyak mendengarkan karya John McLaughlin dan Anoushka Shankar. Tidak heran jika lagu orisinil miliknya memiliki kesan yang kuat di telinga.

Acara ditutup dengan sesi jam session, tampak beberapa musisi yang semula menjadi penonton ikut serta pada sesi ini. Tak lupa kami berfoto bersama sebelum bubar jalan.

Iklan

Diterbitkan oleh Chaka Music Production

Music Entertainment Website Since 2016 Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: