Kompetisi band antar cabang bank BNI

21 Juli 2019 bertempat di Teater garuda (Bhinneka Tunggal Ika) Taman mini Indonesia Indah, Bank BNI mengadakan kompetisi band antar kantor cabangnya. Saya bersama Elfa Tahmila dan Avis TeamLo menjadi juri untuk 12 band tampil. 12 band peserta lomba datang dari cabang Kcp.Kramat, Kelapa Gading, Bekasi, Rawamangun, WJY, Karawang, dan masih banyak lagi.

IMG_20190721_091724.jpg

Apa saja kriteria pemenang?

  • Artikulasi; terkait ketepatan pitch pada vokal
  • Ekspresi; menyangkut gaya peserta diatas panggung dan penghayatan terhadap lagu.
  • Dinamika; kemampuan tiap peserta mengatur intensitas volume pada lagu
  • Harmonisasi; terkait masalah pengetahuan chord dan juga seberapa kompak band
  • Improvisasi; yang dimaksud disini adalah ornamen solo tiap instrumen (jika ada), jika tidak berarti melihat kemampuan grup untuk saling menjaga kekompakan permainannya.
  • Ketepatan waktu; karena masing-masing grup dibatasi 10 menit saja, maka tiap grup yang melebihi batas tersebut akan dikurangi nilainya.

IMG_20190721_092759.jpg

IMG_20190721_141800.jpg

Setelah kami berdiskusi dan menghitung hasil perolehan nilai masing-masing grup, akhirnya kami sepakat menyatakan pemenang I jatuh pada KCP kramat, disusul pada pemenang ke II dari KCP WJY, dan pemenang ke III dari Karawang. Untuk pemenang gitaris terbaik dari KCP Kramat, Vokalis terbaik dari karawang, Bassist terbaik dari karawang, Drummer terbaik dari KCP Rawamangun, Keyboardis terbaik dari KCP Kramat.

Kami diminta keatas panggung untuk mengumumkan para pemenang, namun sebelum itu berkali-kali kami menegaskan mengenai poin kekompakan, sebab percuma saja kemampuan individunya menonjol jika tidak kompak secara grup, terbukti pada grup asal karawang yang menyabet juara vokalis terbaik namun secara grup ada di juara III. sedangkan WJY ada di juara II meski tidak ada satu pun pemain terbaik, namun karena mereka kompak membawakan lagu dengan baik, Band tersebut solid karena teamwork, bukan individu.

IMG_20190721_144431.jpg

Tentu saja dari hasil pengumuman ini ada kesan seolah-olah ini ‘settingan’ dan ada unsur kecurangan, satu hal yang saya mau tegaskan “kalau anda tidak siap kalah, sebaiknya anda tidak usah ikut lomba. kalau anda cuma siap menang, pastikan perhatikan detil sebaik mungkin. kalau anda cuma bisa menuduh curang pastikan anda bisa membuktikannya, sebab kami juga bisa menuntut anda sebagai tuduhan tanpa bukti.” karena kami bertiga punya penilaian diatas kertas yang dapat dipertanggungjawabkan dengan penjelasan yang akurat. Tentu saja disertai bukti rekaman audio bagi yang tidak puas dengan hasil keputusan juri, bisa dilihat dan didengar sendiri kok banyaknya peserta yang merasa penampilannya cukup bagus tapi tidak menang, sebab percuma saja mainnya bagus kalau mendapat pengurangan nilai karena melebihi waktu yang ditentukan.

https://www.instagram.com/chakapriambudi/

Diterbitkan oleh Chaka Music Production

Music Entertainment Website Since 2016 Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: